Schedule

09:00

Community Talks: Urban Regeneration

REGENERASI PERKOTAAN MENUJU KOTA TANGGUH - Beberapa waktu belakangan, ketahanan daerah perkotaan diuji dengan berbagai tantangan bencana iklim, dan juga COVID-19 yang belum juga usai. Disadari, perlu peningkatan kualitas sistem individu sebuah kota yang secara bersama-sama dapat meningkatkan ketahanan kota secara keseluruhan. Sistem yang tangguh, responsif, dan adaptif dengan mudah terhadap guncangan dan tekanan diperlukan untuk menciptakan individu yang lebih kuat dan mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Untuk membentuk dan memelihara hubungan antara manusia dengan lingkungan, dengan berfokus pada penciptaan tempat tinggal dan ruang beraktivitas yang berkualitas, membangun nilai secara bersama-sama dalam komunitas, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu membangun Placemaking. Placemaking, merupakan sebuah gerakan yang dijalankan oleh komunitas perkotaan yang berfokus pada manusia dalam menata ulang dan memanfaatkan kembali ruang publik menggambarkan jati diri dan tujuan komunitas (Project for Public Spaces).

Speaker

Yu Sing
CEO Studio Arsitek Akanoma
Rita Padawangi
Singapore University of Social Sciences
10:30

Community Talks: Mobility Resilience

MEMBANGUN KEMBALI SISTEM TRANSPORTASI MENUJU MOBILITAS PERKOTAAN - Dampak ekonomi dan kesehatan akibat emisi Gas Rumah Kaca (GRK) menjadi isu penting di berbagai negara, di mana sektor transportasi menjadi penyumbang utama emisi GRK, yaitu 28 persen emisi karbon dioksida (CO2). Ke depan, perlu dipikirkan dan dirumuskan arah kebijakan serta peran serta stakeholders dalam membangun sistem transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan kendaraan dengan memanfaatkan teknologi digital, serta mendorong peralihan ke moda transportasi rendah emisi, yang bertujuan mengurangi intensitas emisi GRK. Dampak dari kebijakan dan investasi mobilitas berkelanjutan terhadap masyarakat bagi kesehatan dan lingkungan- dampak dari investasi terhadap kebijakan publik (termasuk pendapatan dan pembiayaan) dan industri terkait/dan bentuk ekonomi lainnya (contoh: konstruksi, properti).

Moderator

Uni Lubis
Jurnalis

Speaker

Achmad Izul
Transjakarta
Harya S. Dillon
World Bank
Alfred Sitorus
Koalisi Pejalan Kaki
13:00

Community Talks: Good Health and Well Being

KESEHATAN BUKAN HANYA ILMU KEDOKTERAN - Pandemi COVID-19 menunjukkan kelemahan kota Jakarta sehubungan dengan urban health. Seiring berjalannya waktu, ditemukan bahwa angka kematian tinggi pada kasus dengan Penyakit Tidak Menular (PTM) penyerta, salah satunya diabetes. Ke depan, perlu kembali direview, bahwa kesehatan bukan hanya tentang tindakan kuratif dan rehabilitatif, melainkan juga mengutamakan tindakan promotif serta preventif, diantaranya dengan penerapan gaya hidup sehat yaitu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang serta mengurangi konsumsi makanan instan; perawatan ibu hamil dan menyusui sebagai upaya mencegah stunting; penanganan kesehatan mental yang tepat, meningkatkan awareness mulai dari hal kecil di lingkungan, sebagai komunitas apa yang dilakukan supaya bisa mengajak orang lain untuk menjalankan hidup sehat baik di lingkungan rumah maupun kantor; Posbindu; Posyandu, PMTAS, juga fasilitasi aktivitas fisik: campaign hidup sehat dengan senam sehat tiap minggu, ruang publik olahraga (taman dan stadion), festival olahraga.

Moderator

To Be Anounced
TBA

Speaker

Lady Noor Chita
CoFounder Ibunda.id
Nia Umar
Ketua Umum & Co-Founder Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia
14:30

Community Talks: Collaborative Response

PENANGANAN PANDEMI COVID-19 - Pandemi Covid-19 masih belum mereda. Bahkan, pada bulan Juni 2021, kasus semakin meningkat di seluruh daerah di Indonesia terutama Pulau Jawa dan Bali. Kebutuhan tempat tidur dan oksigen meningkat menyebabkan ketersediaan semakin menipis. Kondisi ini membuat pemerintah harus lebih berupaya keras menekan pertambahan kasus serta memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan. Pemprov DKI Jakarta telah meluncurkan Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) sejak tahun 2020, dimana seluruh pihak dilibatkan dalam program ini, tidak hanya pemerintah, tetapi juga swasta dan masyarakat, saling bahu-membahu mengirimkan bantuan dari pihak yang peduli, terhadap masyarakat rentan yang terkena dampak Covid-19. Program ini dinilai sangat bagus dan mampu membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Moderator

Mahir Bayasut
Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta

Speaker

Novita Dewi
Direktur Utama Jakarta Experience Board