Schedule

09:30

Opening Remarks

Opening speech FKJ 2021 by the Governor of DKI Jakarta
Anies Baswedan
Governor of Jakarta
09:00

Community Talks: Environmental Resilience

JAKARTA TENGGELAM 2045: KITA BISA APA? - Air menjadi media paling mudah dalam mendeteksi perubahan iklim. Ketersediaan air bersih sulit diprediksi di berbagai belahan dunia,sementara kejadian banjir selalu mengancam. Di beberapa daerah, kekeringan memperburuk kelangkaan air sehingga berdampak negatif terhadap kesehatan dan produktivitas masyarakat. Memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan air dan sanitasi yang berkelanjutan adalah strategi mitigasi perubahan iklim yang penting untuk masa mendatang. Untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan inovasi yang bisa direplikasi di banyak titik, misalnya dengan membangun kios air di kampung, me-recycle air seperti di Daan Mogot, drainase vertikal/pembuatan biopori, serta pelepasan tanah demi pengendalian banjir.

Moderator

Dhani Muttaqin
Ketua IAP Jakarta

Speaker

Sudirman Asun
Aktivis Lingkungan
Adipati Rahmat
LWP (LPDP Water Professionals)
Elisabeth Tarigan
Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
10:30

Community Talks: Economic Resilience

PEOPLE POWER: SENJATA MEMBANGKITKAN UMKMUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberi sumbangan lebih dari dua pertiga dari seluruh lapangan kerja di seluruh dunia. UMKM juga berkontribusi atas sebagian besar penciptaan lapangan kerja baru. Meskipun menyediakan sebagian besar lapangan kerja global, UMKM masih menghadapi tantangan besar dalam hal kondisi kerja, produktivitas, dan informalitas. Perlu upaya terstruktur supaya UMKM tidak hanya sebagai rintisan pekerjaan baru, namun diharapkan dapat “naik kelas” sehingga bisa bertumbuh menjadi industri.

Moderator

Rico Lubis
Urban Inc

Speaker

Prabowo
Dari Halte ke Halte
Adhitya Pratama
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta
Emmiryzan
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia
13:00

Community Talks: Waste Management

JAKARTA SADAR SAMPAH: SAMPAH BUKAN LAGI SAMPAH - Persampahan berpotensi memberikan kontribusi pengurangan 10- 15% emisi GRK secara global. Peluang dalam pencegahan, penggunaan kembali, daur ulang, dan pemulihan energi dapat mencapai mitigasi yang signifikan dengan mengurangi emisi sampah, mengurangi emisi yang terkait dengan ekstraksi sumber daya dan produksi menggunakan bahan baku, dan menyediakan sumber energi alternatif yang menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi). Kehidupan perkotaan tidak dapat dilepaskan dari sampah, dimana orang beraktivitas maka akan menimbulkan sampah. Oleh karenanya, upaya terkecil pengelolaan sampah, dimulai dari sumber sampah itu sendiri, yaitu dari individu dan lingkungan rumah tangga.

Moderator

Thilma Komaling
Independent Sustainability Activist dan Policy Analyst

Speaker

Agung Pujo Winarko
-
Wilma Chrysanti
Kota Tanpa Sampah
Amelia Maran
Vice Chairwoman, Indonesian Plastic Recyclers
14:30

Community Talks: Year of Creative Economic

JAKARTA SEBAGAI EPISENTRUM KEBANGKITAN EKONOMI KREATIF - Banyak sekali tantangan dan hambatan dalam mewujudkan Jakarta sebagai episentrum kegiatan ekonomi kreatif, baik dari faktor internal maupun eksternal. Adapun beberapa masalah yang menjadi penghambat berkembangnya ekonomi kreatif antara lain: kurangnya kuantitas dan kualitas SDM kreatif, kurangnya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, infrastruktur teknologi informasi yang belum kompetitif, dukungan pembiayaan yang belum lancar, iklim usaha yang belum mendukung tumbuhnya pelaku usaha kreatif baru, kurangnya apresiasi terhadap karya dan insan kreatif, akses pasar yang belum menggembirakan, sampai kepada permasalahan ketidaksinkronan kebijakan di tingkat pusat dan daerah. Dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur no 84 tahun 2021 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Instruksi Gubernur nomor 53 tahun 2021 tentang dukungan tahun internasional ekonomi kreatif 2021, menunjukkan dukungan terhadap pelaku ekonomi kreatif di DKI Jakarta. Tentu saja hal ini masih memerlukan banyak dukungan dari berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam mewujudkan Jakarta sebagai Episentrum Kebangkitan Ekonomi Kreatif.

Moderator

Novrizal Pratama
Ketua Yayasan Indonesia Kuat

Speaker

Diaz Hensuk
Sekjen ADGI
Handoko Hendroyono
Founder M-Bloc